DASAR KOMPETENSI KEJURUAN DAN KOMPETENSI KEJURUAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN : ANIMASI (073)
A. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami wawasan animasi
1.1 Menjelaskan sejarah animasi
1.2 Menggambarkan proses produksi animasi
1.3 Menjelaskan teori dasar animasi dan sinematografi.
2. Merancang nirmana datar dan ruang
2.1 Menjelaskan unsur dan prinsip nirmana dua dan tiga dimensi
2.2 Menjelaskan bahan dan alat dalam menciptakan nirmana dua dimensi dan tiga dimensi
2.3 Membuat komposisi berdasarkan elemen estetis
2.4 Menyusun komposisi wujud geometris dalam nirmana ruang
2.5 Menyusun komposisi warna dalam nirmana datar.
3. Menggambar sketsa
3.1 Menjelaskan pengertian dan media sketsa
3.2 Menggambar sketsa dengan obyek benda, manusia, binatang, tumbuhan dan gedung.
4. Menggambar bentuk
4.1 Mendeskripsikan gambar bentuk-bentuk geometris
4.2 Mendeskripsikan gambar anatomi binatang
4.3 Mendeskripsikan gambar anatomi tumbuhan
4.4 Mendeskripsikan gambar anatomi manusia
4.5 Menggambar bentuk geometris, binatang, tumbuhan, manusia.
5. Menggambar teknik
5.1 Menjelaskan dasar-dasar menggambar proyeksi ortogonal
5.2 Menggambar proyeksi ortogonal obyek geometrik
5.3 Menjelaskan dasar-dasar menggambar perspektif
5.4 Membuat gambar perspektif satu titik mata
5.5 Membuat gambar perspektif dua titik mata.
6. Mengoperasikan komputer grafis dan animasi
6.1 Menjelaskan prosedur penggunaan program photoshop
6.2 Mengaplikasikan menu dan tool program photoshop
6.3 Menjelaskan dasar-dasar penggunaan program CTP / Macromedia Flash
6.4 Mengaplikasikan menu dan tool program animasi grafis
6.5 Menjelaskan prosedur penggunaan program animasi grafis
6.6 Mengaplikasikan menu dan tool program animasi grafis.
7. Memahami prinsip menggambar animasi
7.1 Menjelaskan prinsip menggambar animasi pose to pose dan timing
7.2 Menjelaskan prinsip menggambar prinsip animasi secondary action dan ease in and out
7.3 Menjelaskan prinsip mengggambar animasi anticipation dan follow through
7.4 Menjelaskan prinsip menggambar animasi squash and stretch
7.5 Menjelaskan prinsip menggambar animasi arcs and exaggaration
7.6 Menjelaskan prinsip menggambar animasi appeal and personality.
8. Menggambar karakter
8.1 Menggambar karakter manusia
8.2 Menggambar karakter binatang
8.3 Menggambar karakter tumbuhan
8.4 Menggambar karakter benda mati.
9. Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
9.1 Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
9.2 Melaksanakan prosedur K3
9.3 Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.
B. KOMPETENSI KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Membuat script continuity
1.1 Menjelaskan langkah-langkah membuat script continuity
1.2 Menjelaskan bahan dan alat dalam membuat script continuity
1.3 Memadukan kesinambungan alur cerita
1.4 Menyelaraskan teknis cerita.
2. Membuat exposure sheets
2.1 Menjelaskan langkah-langkah membuat exposure sheet
2.2 Menjelaskan cerita berdasarkan storyboard
2.3 Membuat exposure sheet dengan menerjemahkan storyboard ke dalam format teknis animasi.
3. Melengkapi exposure sheets dengan kode bibir dan soundtrack lainnya
3.1 Menjelaskan langkah-langkah membuat gambar exposure sheet dengan kode bibir dan soundtrack
3.2 Menguraikan dialog per cut sesuai dengan bentuk gerak bibir
3.3 Mengidentifikasi kebutuhan jumlah frame berdasarkan dialog
3.4 Menuliskan kode bibir dan soundtrack pada exposure sheet sesuai dengan dialog.
4. Menghitung durasi pada setiap scene
4.1 Menjelaskan langkah-langkah menata durasi pada scene
4.2 Menjabarkan storyboard berdasarkan durasi setiap scene yang akan divisualisasikan
4.3 Menggabungkan durasi dialog dan visualisasi setiap scene
4.4 Menghitung durasi dari semua rekaman dialog yang ada pada seluruh cerita.
5. Membuat gambar antara
5.1 Menjelaskan langkah-langkah membuat gambar antara
5.2 Menjelaskan cerita dan alurnya berdasarkan script, story board, layout, exposure sheets dan posing
5.3 Menjelaskan acting dan ekspresi setiap karakter
5.4 Membuat gambar sesuai dengan panduan karakter
5.5 Menghidupkan setiap karakter.
6. Melakukan pekerjaan pewarnaan
6.1 Memilih bahan pewarnaan yang sesuai berdasarkan media.
6.2 Memilih program aplikasi yang sesuai dalam pewarnaan menggunakan komputer.
6.3 Mewarnai gambar sesuai dengan arahan color stylist.
7. Mewarnai gambar background
7.1 Menjelaskan langkah-langkah mewarnai gambar background
7.2 Menginterpretasikan gambar background dari background designer atau layout
7.3 Mengidentifikasi kebutuhan jenis warna
7.4 Melakukan warna pada gambar background.
8. Membuat gambar interior dan eksterior
8.1 Menjelaskan langkah-langkah membuat gambar interior dan eksterior
8.2 Menjelaskan bahan dan alat dalam membuat gambar interior dan eksterior
8.3 Menginterpretasikan kondisi lokasi berdasarkan deskripsi yang dinyatakan dalam naskah
8.4 Membuat gambar interior lokasi
8.5 Mermbuat gambar eksterior lokasi
9. Membuat gambar property
9.1 Menjelaskan langkah-langkah membuat gambar property
9.2 Menginterpretasikan kebutuhan property berdasarkan deskripsi yang dinyatakan dalam naskah
9.3 Mensketsa gambar property
9.4 Memvisualkan gambar property dalam bentuk tiga dimensi.
10. Menentukan perbandingan ukuran antara background dengan desin karakter
10.1 Menjelaskan langkah-langkah membuat perbandingan ukuran antara background dengan desain karakter
10.2 Menempatkan desain eksterior dan interior dalam model sheet dengan menyertakan desain karakter yang dibutuhkan
10.3 Menentukan perbandingan ukuran antara background dengan berbagai karakter yang diperlukan.
11. Membuat model obyek 3D bentuk hard surface dan organik
11.1 Menjelaskan konsep bentuk model 3D (hard surface)
11.2 Membuat bentuk model 3 D (hard surface)
11.3 Menjelaskan konsep bentuk model 3D (organik)
11.4 Menerapkan konsep dalam bentuk model 3 D (organik).
12. Membuat gambar tekstur
12.1 Menjelaskan langkah-langkah membuat wujud tekstur
12.2 Mengidentifikasi bahan dan alat dalam membuat wujud tekstur
12.3 Mendeskripsikan karakteristik atau deskripsi tekstur dan warna suatu bahan
12.4 Membuat gambar bertekstur.
13. Mengaplikasikan gambar background
13.1 Menjelaskan konsep cerita dan visualisasi
13.2 Mendesain gambar background
13.3 Mengaplikasikan gambar latar background pada layar gambar.
14. Menggambar karakter dan property
14.1 Menjelaskan skenario dan story board
14.2 Membuat pradesain dalam gambar setiap karakter dan properti sesuai konsep cerita.
15. Mendesain pipeline produksi
15.1 Menjelaskan skenario dan story board
15.2 Mengidentifikasi kebutuhan perangkat keras dan perangkat lunak.
16. Membuat game
16.1 Mengembangkan sebuah konsep menjadi sebuah game
16.2 Membuat project game.
0 komentar:
Posting Komentar